Jumat, 30 Maret 2012

tv plasma

Perkembangan Dunia TV : TV Plasma

TV Layar Datar VS TV Tabung

Era TV tabung yang identik dengan tampilan tv yang berat dan besar nampaknya sudah mulai tergeser dengan adanya tv layar datar seperti Plasma TV, LCD TV atau yang terbaru LED TV.
Tergesernya tv tabung oleh tv layar datar tak lain karena berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh tv layar datar tersebut.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh tv layar datar antara lain ukurannnya yang begitu tipis dan ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan bahkan tak jarang tv layar datar digantungkan di dinding rumah.
tv plasma

Jadi selain berfungsi sebagai peralatan elektronik, tv layar datar juga bisa digunakan sebagai pengganti lukisan atau pajangan dinding.
Dan tv layar datar makin banyak dilirik oleh para konsumen karena tv layar datar biasanya dilengkapi dengan fitur hemat energi.
Jadi selain bersahabat dengan ruang dan tenaga yang dikeluarkan, tv layar datar juga ramah untuk lingkungan karena hemat energi.
Namun karena banyaknya pilihan tv layar datar yang beredar dipasaran sehingga tak jarang membuat para komsumen binggung untuk menentukan pilihan tv layar datar yang akan mereka gunakan.

Plasma TV

Teknologi yang dipakai dalam tv plasma diperkirakan mulai diperkenalkan pada tahun 1936, namun baru pada tahun 1997 teknologi itu diperkenalkan secara umum kepada para konsumen.
Selain harganya yang lebih ekonomis dibanding jenis tv layar datar lainnya, tv plasma juga memiliki beberapa keunggulan lainnya dibanding kedua jenis tv layar datar lainnya.
Seperti bisa menghasilkan warna hitam yang lebih baik, rasio kekontrasan warna yang cukup tinggi (1:2.000.000), sudut pandangnya pun lebih lebar sehingga membuat kita nyaman untuk menontonnya.
Selain itu, refresh rate dan response time yang dimiliki oleh tv plasma juga lebih cepat, sehingga bisa meminimalkan adanya gambar yang kabur atau kurang jelas.
Namun dibalik keunggulan yang dimiliki oleh plasma tv, tentu tv plasma juga memiliki beberapa kekurangan yang patut kita jadikan pertimbangan ketika akan membeli tv plasma.
Kekurangan yang dimiliki oleh tv plasma antara lain ukurannya yang relatif lebih besar dibanding dengan jenis tv layar datar lainnya. Umumnya tv plasma hanya tersedia dalam ukuran 42 inci ke atas.
Daya listrik dan beratnya pun biasanya relatif lebih besar jika dibandingkan dengan TV LCD, selain itu biasanya tv plasma akan mengalami kualitas gambar seiring dengan lamanya penggunaan.
Dan tv plasma biasanya akan lebih bersahabat jika digunakan untuk menonton tanyangan yang bergerak aktif, karena jika gambar terlalu lama diam, maka akan menimbulkan efek burn – in yang mengakibatkan tampilan gambar berbayang. (nn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar