Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

Buatlah program untuk menampilkan hasil ke listview untuk kasus Latihan Listview Perhitungan Penjualan Barang



No 1
 ========================================================================




 Public Class Form2
    Sub buattabel()
        LV.Columns.Add("pembelian", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("kode barang", 80, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("nama barang", 120, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("merk", 80, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("harga", 80, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("jmlh beli", 80, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("ttl harga", 80, HorizontalAlignment.Left)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub isitable()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = pembelian.Text
        lst.SubItems.Add(kd_brg.Text)
        lst.SubItems.Add(nm_brg.Text)
        lst.SubItems.Add(merk.Text)
        lst.SubItems.Add(harga.Text)
        lst.SubItems.Add(jlh_beli.Text)
        lst.SubItems.Add(ttl_harga.Text)
        LV.Items.Add(lst)
    End Sub

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        kd_brg.Items.Add("TS001")
        kd_brg.Items.Add("TS002")
        kd_brg.Items.Add("VG001")
        kd_brg.Items.Add("VG002")
        buattabel()
    End Sub

    Private Sub kd_brg_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kd_brg.SelectedIndexChanged
        Dim X As String
        X = Microsoft.VisualBasic.Left(kd_brg.Text, 2)
        Select Case X
            Case "TS" : merk.Text = "TOSIBA"
            Case "VG" : merk.Text = "V-GEN"
        End Select

        X = Microsoft.VisualBasic.Right(kd_brg.Text, 5)
        Select Case X
            Case "TS001" : nm_brg.Text = "FLASDISK 4 GB" : harga.Text = "1050000" : pembelian.Text = "001"
            Case "TS002" : nm_brg.Text = "FLASDISK 2 GB" : harga.Text = "75000" : pembelian.Text = "002"
            Case "VG001" : nm_brg.Text = "FLASDISK 4 GB" : harga.Text = "90000" : pembelian.Text = "003"
            Case "VG002" : nm_brg.Text = "FLASDISK 2 GB" : harga.Text = "60000" : pembelian.Text = "004"
        End Select
    End Sub
    Private Sub simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan.Click
        ttl_harga.Text = harga.Text * jlh_beli.Text
        isitable()
        pembelian.Text = ""
        kd_brg.Text = ""
        nm_brg.Text = ""
        merk.Text = ""
        harga.Text = ""
        jlh_beli.Text = ""
        ttl_harga.Text = ""
    End Sub

    Private Sub keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles keluar.Click
        Close()
    End Sub

    Private Sub hps_data_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hps_data.Click
        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub hps_dipilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hps_dipilih.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub bersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles bersih.Click

    End Sub

    Private Sub pembelian_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles pembelian.TextChanged

    End Sub
End Class
=======================================================================



No  2




========================================================================
Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        nama.Items.Add("Sony LCD 330")
        nama.Items.Add("Sony LCD 357")
        nama.Items.Add("Sony LCD 457")
    End Sub

    Private Sub nama_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles nama.SelectedIndexChanged
        If nama.Text = "Sony LCD 330" Then
            harga.Text = 1500000
        ElseIf nama.Text = "Sony LCD 357" Then
            harga.Text = 2000000
        ElseIf nama.Text = "Sony LCD 457" Then
            harga.Text = 2500000
        End If
    End Sub

    Private Sub jumlah_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles jumlah.TextChanged
        total.Text = Val(jumlah.Text) * Val(harga.Text)
    End Sub

    Private Sub btn_proses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_proses.Click
        If total.Text > 2500000 Then
            disc.Text = 0.1 * total.Text
        Else
            disc.Text = 0
        End If
        totpem.Text = Val(total.Text - disc.Text)
    End Sub

    Private Sub btn_keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        End
    End Sub
End Class





Demikilahlah postingan saya  Nama : (ASRULLAH)  NPM : (1111208)
Selamat Pemrograman VB NET (MESRAN.NET)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar